Thursday, October 23, 2014

Hari Ketiga : Seleksi LGD LPDP


Museum Tsunami Aceh

Hari ketiga di Banda Aceh kembali saya awali dengan shalat shubuh berjamaah di Masjid Agung Al Makmur. Ternyata imam Shubuh kali ini berbeda dengan imam ‘Isya dan shubuh kemarin tapi tetap dengan kualitas yang hampir sama.
Sesuai jadwal hari ini saya akan mengikuti Leaderless Group Discussion (LGD) dan saya kembali mendapatkan nomor urut 1 pukul 08.00-08.50 WIB. Ada 7 orang peserta yang satu kelompok diskusi dengan saya. Berdasarkan blog tentang LPDP yang pernah saya baca sebelumnya, tema diskusi adalah seputar topik yang sedang on bersumber dari opini di media massa.
LGD adalah diskusi tanpa pemimpin. Oleh karena itu, harus ada yang berinisiatif untuk memulai dan mengatur jalannya diskusi dan ada yang menjadi notulis. Setiap peserta memiliki hak yang sama untuk memberikan pendapat tentang suatu tema yang menjadi pertanyaan dan di akhir diskusi akan ada kesimpulan yang dihasilkan.
Setelah memasuki ruangan, maka fasilitator akan mengatur tempat duduk masing-masing peserta dan membagikan artikel yang akan menjadi pokok pembahasan. Masing-masing peserta diberikan salinan artikel tersebut dan diberi kesempatan terlebih dahulu untuk membaca artikel. Kami diberikan waktu 30 menit untuk diskusi termasuk membaca artikel. Artikel yang menjadi bahan pembahasan kami adalah Pluralisme dan Pemimpin yang Ideal berasal dari opini Kompas.
Setelah kira-kira semua peserta selesai membaca artikel, peserta di sebelah kiri saya mengambil inisiatif untuk memulai diskusi dan menyampaikan pendapatnya. Saya mendapatkan giliran yang kedua. Selanjutnya semua peserta secara bergantian memberikan pendapat. Sebelum sampai kepada kesimpulan, saya mengambil bagian kembali untuk menambahkan hal yang belum disebutkan. Terakhir, peserta lain yang di depan saya membacakan hasil dari diskusi kami.
Setelah selesai LGD, maka seluruh rangkaian seleksi telah selesai saya laksanakan. Saya permisi kepada beberapa orang teman yang telah bersama selama 2 hari. Saya akan menuju bandara Sultan Iskandar Muda, namun sebelum itu saya sempatkan berkunjung ke Museum Tsunami Aceh.
Sampai dengan tulisan ini saya publish, pengumuman tentang hasil seleksi tersebut belum diterbitkan, mungkin sekalian dengan hasil seleksi di Jakarta yang dilaksanakan pada tanggal 17 s/d 18 Oktober 2014.